Gelar Pahlawan Nasional akan Diberikan pada KH As'ad Syamsul Arifin


Jakarta - Anugerah gelar Pahlawan Nasional tahun ini diberikan kepada tokoh NU, KH As'ad Syamsul Arifin. Penganugerahan itu akan diberikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Upacara penganugerahan akan digelar di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu siang (9/11/2016). Sejumlah pejabat akan hadir dalam acara tersebut.

Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, membenarkan nama yang beredar KH As'ad Syamsul Arifin, yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tahun 2016 ini. KH As'ad lahir pada tahun 1897 di kota Makkah dan wafat pada 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur. KH As'ad merupakan pengasuh dari pondok pesantren Salafiyah Syafi'iyah yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

KH As'ad merupakan putera dari Raden Ibrahim dan Siti Maimunah. Kedua orang tuanya berasal dari Pamekasan, Madura. Ayah dari KH As'ad, yakni Raden Saleh lebih dikenal dengan sebutan KH Syamsul Arifin. Dia masih keturunan dari Sunan Ampel. Sedangkan ibunya, Siti Maimunah, masih keturunan dari Pangeran Ketandur yang merupakan cucu Sunan Kudus.

KH As'ad diajak ke Pulau Jawa oleh ayahnya untuk menyebarkan agama Islam. Ada pun jabatan terakhir KH As'ad di Nahdlatul Ulama adalah sebagai Dewan Penasihat. 
(bag/nwk)
Share on Google Plus

Tentang Asep Progresif

Saya, Asep Progresif lahir di Malang, 26 juni 1989 dengan nama Asep S, memiliki 3 orang putra-putri yang manis bernama Muhammad Haidar Musyaffa’ Khairullah, Muhammad Zamzamy Zainul Muttaqin, Mumtazah Nur Alisha Safaluna serta Istri yang juga seorang sahabat bernama Romlah. Hubungi saya, HP/WA : 0811 377 2007
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar